PENERAPAN CLIENT CENTERED THERAPY TERHADAP KLIEN “KK” YANG MENGALAMI GRIEVING DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI A KOTA BANDUNG

Mulyadi Mulyadi

Sari


Abstract

Grief is the physical, psychological, social, and spiritual reactions to a significant loss in a person’s life. This study aims to obtain empirical description and analysis of the techniques of client centered therapy technique to give resolve of clients who have grieving in SLBN A Kota Bandung.

The research method used in this study is Single Subject Design (SSD) N = 1. This study uses a model of multiple cross design variables. Data collection techniques used were observation, interview and documentation. The data source used is the primary data source and secondary data source. Test the validity of using a statistical test with the formula of Pearson's product moment correlation and reliability testing using Chronbach Alpha technique. The results of this study were analyzed using the technique of quantitative analysis using the formula 2 standard deviations.

The results showed that the applied client centered therapy technique can be used to give solve the grieving of respondent, including the ability to implement aspects of psychological, physical and social. Interventions performed using an individual approach.

 

Key words: grieving, client centered therapy technique

 

Abstrak

 

Grief adalah reaksi fisik, psikologis, sosial, dan spiritual terhadap kehilangan di dalam kehidupan manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran empirik dan analisis terhadap tehnik client centered therapy untuk  memberikan menyelesaian masalah grieving yang dialami oleh klien di SLBN A Kota Bandung.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Single Subject Design (SSD) N = 1. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Uji validitas menggunakan test statistik dengan formula dari Parson’s dan uji relialibilitas menggunakan Chronbach Alpha technique. Hasil dari penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kuantitatif menggunakan rumus 2 standar deviasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknik client centered therapy dapat digunakan untuk mengurangi dan menghilangkan grieving yang dialami oleh responden, yang mencakup kemampuan dalam aspek psikologi, fisik, dan sosial. Intervensi yang digunakan merupakan pendekatan individual.

 

Kata kunci: grieving, teknik client centered therapy


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31595/peksos.v15i1.67

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.