KEMAMPUAN ORANGTUA DALAM MENERAPKAN METODE TERAPI APPLIED BEHAVIOR ANALYSIS (ABA) UNTUK ANAK AUTIS

Sinta Yulianti Suyono

Sari


Abstract

 

Enhancement of Children with disabilities’s welfare through social services and rehabilitation become all responsibility of families, community/society, and government. Family is the first and ultimate unsure in their Children with Disability’s treatment and is essential base in family-based social services and rehabilitation. One kind of disability in children is autism. Children with Autism Disorder shows less responses to other people, have a big barrier in communication, and social interaction. Various methods have been developed for therapy and education for children with autism, one of those is Applied Behavior Analysis (ABA) which has been accepted widely as an effective and efficient method.

The Autism that caused difficulties in communication and interpersonal relation can be treated by ABA therapy. The key in this therapy is the parent, parent as the therapist. This research aims to describe intervention toward “AN” parent, while the researcher giving training of ABA methods with eye contact technique and obedient to increase parent capabilities. Method uses in this research is Single Subject Design (SSD with reversal research design, it is ABA, in single case experiment. The test conduct statistically using t test different (t-test).

The result shows any development in parent capability in applying ABA method to “AN”, so this research proving that ABA method success to help reduce barrier in communication and interpersonal relation of children with autism.

 

Keywords: parent capability, ABA therapy, children with autism

 

 

Abstrak

 

Peningkatan kesejahteraan sosial Anak dengan Kecacatan (ADK) melalui pelayanan dan rehabilitasi sosial menjadi tanggung jawab bersama antara keluarga, masyarakat dan pemerintah. Keluarga merupakan unsur pertama dan utama dalam penanganan ADK dan dasar utama dalam pelayanan dan rehabilitasi sosial berbasis keluarga. Salah satu jenis kecacatan yang dialami oleh anak adalah autisme. Anak yang mengalami gangguan autisme menunjukkan respon yang kurang terhadap orang lain, mengalami kendala berat dalam kemampuan komunikasi, dan interaksi sosial. Berbagai metode dikembangkan untuk terapi dan edukasi bagi anak dengan autisme, salah satu metode tersebut adalah Applied Behavior Analysis (ABA) yang diterima  secara luas sebagai metode yang efektif dan efisien.

Autisme yang menyebabkan kesulitan komunikasi dan hubungan interpersonal dapat ditangani dengan terapi ABA. Kunci dalam terapi ini adalah orangtua dimana orangtua berperan sebagai pelaku terapi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intervensi terhadap orangtua “AN”, dimana peneliti memberikan pelatihan metode ABA dengan teknik kontak mata dan kepatuhan untuk meningkatkan kapabilitas orangtua. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Single Subject Design (SSD) dengan menggunakan desain penelitian reversal yaitu desain A-B-A dalam eksperimen kasus tunggal. Pengujian dilakukan secara statistik dengan menggunakan uji perbedaan uji t ( t test).

Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan orangtua dalam menerapkan metode ABA untuk “AN”, sehingga penelitian membuktikan hipotesis apabila metode ABA membantu mengurangi hambatan anak dalam komunikasi dan relasi interpersonal.

 

Kata kunci: kemampuan orangtua, terapi ABA, anak dengan autisme


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31595/peksos.v13i2.41

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.