PENGUATAN KAPASITAS ORGANISASI LOKAL TIM PERLINDUNGAN SOSIAL PEKERJA ANAK (TPSPA) MANDIRI DI KELURAHAN LEUWIGAJAH KECAMATAN CIMAHI SELATAN KOTA CIMAHI

Imas Siti Masitoh

Sari


Abstrak
 
Tim Perlindungan Sosial Bagi Pekerja Anak (TPSPA) Mandiri di Kelurahan Leuwigajah Kecamatan Cimahi Selatan Kota Cimahi, merupakan organisasi lokal yang dibentuk berdasarkan motivasi masyarakat untuk menanggulangi permasalahan pekerja anak. Pekerja anak merupakan masalah sosial yang membutuhkan penanganan segera, karena jika dibiarkan akan menimbulkan masalahmasalah lain yang lebih kompleks. Oleh karena itu, peningkatan kapasitas merupakan program yang relevan dengan masalah-masalah organisatoris yang dihadapi oleh TPSPA Mandiri, seperti keterbatasan SDM baik secara kuantitas maupun kualitas.

 
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pengurus dan anggota organisasi lokal Tim Perlindungan Sosial Bagi Pekerja Anak (TPSPA) Mandiri di Kelurahan Leuwigajah Kecamatan Cimahi Selatan Kota Cimahi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan penelitian tindakan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipatif (participant observation), wawancara semi terstruktur (in-dept interview), studi dokumentasi, focus group discussion (FGD). Analisa data meliputi data reduction, data display dan conclusion drawing/verification. Penelitian ini merupakan perbaikan model praktikum, hasil perbaikan model adalah kesepakatan mengadakan pelatihan pengurus dan anggota TPSPA Mandiri yang bekerja sama dengan PKK Kelurahan, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM). Materi pelatihan yakni ; pemahaman fungsi, peran pengurus dan anggota organisasi, Sosialisasi Undang-Undang Perlindungan Anak, Bimbingan dan latihan penggalangan dana, Proses kerjasama dengan sumber pelayanan kesejahteraan. Hasil pelaksanaan perencanaan asesmen dan setelah dilakukan intervensi menunjukkan adanya peningkatan kapasitas pengurus dan anggota organisasi yang mengalami masalah kekurangan SDM, baik secara kualitas maupun kuantitas, maka dapat dikatakan bahwa pelatihan penguatan kapasitas berpengaruh meningkatkan kapasitas pengurus organisasi lokal Tim Perlindungan Sosial Bagi Pekerja Anak (TPSPA) Mandiri di Kelurahan Leuwigajah Kecamatan Cimahi Selatan Kota Cimahi dalam rangka membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi baik oleh pekerja anak maupun oleh keluarga pekerja anak dan dampak lanjutan adalah meningkatnya kemampuan dan keterampilan pengurus TPSPA Mandiri serta sejumlah pekerja anak mendapatkan pelayanan dari PKBM.
 
Kata Kunci : Penguatan Kapasitas, TPSPA, Pekerja Anak


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31595/peksos.v17i2.139

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.